Selasa, 12 September 2023

misteri kota saranjana

kota saranjana

Kota Saranjana di Kalimantan Selatan menjadi misterius karena keberadaannya tidak tercatat dalam peta Indonesia. Namun, nama Saranjana pernah tercantum dalam peta yang dibuat pada masa Hindia Belanda. Saranjana dikenal sebagai kota gaib yang terletak di Pulau Kalimantan. Kisah tentang kota tersebut sudah menjadi legenda bagi masyarakat di sana. Berikut adalah beberapa fakta dan kisah misteri tentang Kota Saranjana. 



 Fakta-Fakta Kota Saranjana

1. Beragam versi lokasi 
Terdapat beberapa versi yang menyebutkan lokasi Kota Saranjana. Kota Saranjana disebut berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Namun, ada pula versi lain yang mengatakan bahwa Kota Saranjana berada di Teluk Tamiang, Pulau Laut. Menurut versi lainnya, sebuah bukit kecil yang berada di Desa Oka-oka Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kalimantan Selatan disebut menjadi lokasi keberadaan Kota Saranjana.  

2. Terekspos di Peta Hindia Belanda 
Meskipun keberadaannya tidak tercatat dalam peta Indonesia, ternyata keberadaan Kota Saranjana telah terekspos di peta Hindia Belanda. Pada peta Borneo buatan tahun 1845 itu, kartograf Salomon Muller menuliskannya dengan nama T. Serandjana atau Tandjong (Tanjung) Serandjana. Namun, tidak ada yang bisa memastikan apakah Salomon, yang kala itu melakukan perjalanan untuk meneliti tumbuhan dan binatang di kepulauan di Indonesia, benar-benar menginjakkan kaki di Tandjong Serandjana tersebut.

3. Kota tak kasat mata 
Kota gaib Saranjana disebut kota yang tak kasat mata dan tak bisa dilihat oleh orang awam.Kota ini dikatakan dapat dilihat dengan mata batin. Tak hanya itu, banyak yang menyebut Saranjana sebagai sebuah kota berperadaban maju dengan jajaran gedung menjulang tinggi bak kota impian. Meski tidak tampak, keberadaan Kota Saranjana diyakini oleh masyarakat Kalimantan. 


Kisah Misteri Kota Saranjana

1. Kedatangan alat berat tanpa pemilik 
Terdapat cerita yang kerap didengar masyarakat dan beredar dari mulut ke mulut mengenai kedatangan alat berat ke wilayah tersebut. Alat berat seperti ekskavator dan buldoser yang datang itu merupakan pesanan dari Jakarta dengan alamat tujuan Kota Saranjana. Uniknya, pesanan tersebut sudah lunas dibayar oleh pengirimnya. Kisah yang disebut terjadi pada 1980-an itu tentu membuat heran. Pasalnya, tidak ada daerah bernama Saranjana di wilayah Kabupaten Kotabaru.

2. Kurir yang bermalam di Kota Saranjana 
Seorang kurir konon pernah bermalam di kota gaib Saranjana. Bukan hanya itu, ia juga dikisahkan pulang dengan membawa 4 kilogram emas.

3. Dihuni jin Kisah gaib lainnya adalah tak kasat mata. Kota Saranjana dikatakan sebagai sebuah kota yang sangat maju. Kemajuan dan kemegahan kota disebutkan tampak dari keberadaan deretan gedung yang menjulang tinggi. Selain itu, konon Kota Saranjana juga dihuni oleh makhluk astral atau jin. 

3 komentar:

misteri kota saranjana

kota saranjana Kota Saranjana di Kalimantan Selatan menjadi misterius karena keberadaannya tidak tercatat dalam peta Indonesia. Namun, nama ...