Jumat, 01 September 2023

gunung sindoro

 gunung sindoro

Gunung Sumbing memiliki lima jalur pendakian dengan jalur yaitu via Garung, via Cepit Parakan, via Mangli Kaliangkrik, via Bowongso, dan via Dusun Butuh. Adapun jalur pendakian paling populer adalah Desa Garung, Wonosobo karena menjadi jalur yang ramah untuk pendaki pemula. Sementara pendakian yang lebih sepi bisa diakses via jalur Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Seperti diketahui bahwa Dusun Butuh adalah dusun tertinggi di lereng Gunung Sumbing, sekaligus memiliki jalur pendakian terberat. Di sekitar kawah Gunung Sumbing terdapat kawasan sabana bernama Segoro Banjaran. Para pendaki biasanya ingin menikmati pemandangan lautan awan khas Gunung Sumbing atau panorama saat matahari terbit di puncak gunung. Dari lokasi ini juga bisa diamati gunung di Jawa Tengah, meliputi Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, hingga Lawu.


Peningkatan Aktivitas Vulkanik, Desember 2011

PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) meningkatkan status Gunung Sindoro dari Aktif Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II), terhitung mulai 5 Desember 2011 pukul 20.00 WIB. Peningkatan aktivitas Gunung Sindoro teramati dengan meningkatnya aktivitas kegempaan dan visual, terutama Gempa Vulkanik Dalam dan Vulkanik Dangkal. Gempa Vulkanik Dalam dan Gempa Vulkanik Dangkal mulai meningkat bulan November 2011, dan cenderung mengalami peningkatan hingga Desember 2011.

Hasil 2 kali pengamatan visual dan pengukuran suhu di kawah puncak pada beberapa titik di sekitar kawah, yaitu tanggal 26 November 2011, dan 2 Desember 2011, menunjukkan adanya kepulan asap dari fumarol dengan temperatur rata-rata sebesar 75 °C pada 26 Oktober, dan 95 °C pada 2 November. Pada tanggal 2 November tinggi asap fumarol sudah melewati bibir kawah gunung (sekitar beberapa puluh meter) dengan tekanan asap lemah-sedang.

Status Gunung Sindoro kembali diturunkan menjadi Aktif Normal (Level I) pada 30 Maret 2012, terhitung mulai pukul 14.00 WIB menyusul terjadinya penurunan aktivitas vulkanik secara visual maupun kegempaan. Dari hasil pengamatan, teramati aktivitas vulkanik secara visual maupun kegempaan cenderung mengalami penurunan dan tidak mengalami peningkatan. 






1 komentar:

misteri kota saranjana

kota saranjana Kota Saranjana di Kalimantan Selatan menjadi misterius karena keberadaannya tidak tercatat dalam peta Indonesia. Namun, nama ...