Jumat, 01 September 2023

Mendaki gunung slamet

 ini adalah hobi baru saya yaitu mendaki gunung

Gunung adalah bagian kerak bumi yang lebih tinggi dari area di sekitarnya. Gunung biasanya memiliki sisi curam yang secara signifikan menyingkap batuan dasarnya. Gunung berbeda dari dataran tinggi karena memiliki daerah puncak yang terbatas, gunung lebih besar dari sebuah bukit, biasanya memiliki ketinggian setidaknya 300 meter (1.000 kaki) di atas tanah sekitarnya. Beberapa gunung adalah puncak yang berdiri sendiri, tetapi sebagian besar merupakan bagian dari rangkaian pegunungan. Pegunungan terbentuk melalui kekuatan tektonik, erosi, atau aktivitas vulkanik, yang bekerja pada skala waktu hingga puluhan juta tahun. Begitu pembentukan gunung berhenti, gunung-gunung perlahan-lahan akan semakin landai melalui aksi pelapukan, melalui kemerosotan, serta bentuk-bentuk pemborosan massal lainnya, serta melalui erosi oleh sungai dan gletser.

Gunung pertama kali saya mendaki adalah gunung slamet, saya mendaki gunung slamet karena diajak oleh om saya dan ini adalah gunung tertinggi yang ada di jawa tengah atau bisa dibilang atapnya jawa tengah. Gunung slamet memiliki ketinggan 3.432 mdpl dan terletak di 5 kabupaten, yaitu kabupaten banyumas, kabupaten purbalingga, kabupaten pemalang, kabupaten tegal, kabupaten brebes. 

gunung slamet adalah gunung api bertipe stratovolcano yang terbentuk akibat pertemuan antara lempengan indo-australia dengan lempeng eurasia dibagian selatan pulau jawa. sejarah letusan gunung slamet terekam mulai tahu 1772. untuk saat ini status aktivitasnya masih berada pada level 1 (normal).

jalur pendakian gunung slamet yang saya lewat adalah jalur via bambangan dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 11,5 jam, saya memilih jalur via bambangan karna itu jalur yang sangat enak bagi pemula, walaupun itu adalah estimasi waktu yang paling lama.

ada 7 jalur pendakian gunung slamet yaitu :

1. jalur pendakian gunung slamet via bambangan, dengan estimasi waktu perjalanan 11,5 jam

2. jalur pendakian gunung slamet via guci, dengan estimasi waktu perjalanan 9,5 jam

3. jalur pendakian gunung slamet via sawangan, dengan estimasi waktu perjalanan 9 jam

4. jalur pendakian gunung slamet via dipajaya, dengan estimasi waktu perjlanan 9,5 jam

5. jalur pendakian gunung slamet via kaligua, dengan estimasi waktu perjlanan 9 jam

6. jalur pendakian gunung slamet via kaliwadas, dengan estimasi waktu perjalanan 11 jam

7. jalur pendakian gunung slamet via baturraden, dengan estimasi waktu perjalanan 11 jam

digunung slamet juga memiliki cerita horor yang terletak di pos 4 samarantu yang artinya samar dan hantu, katanya kalo kita melewati pos 4 kita tidak boleh berhenti terlalu lama tapi blum tahu alasan jelasnnya sampai sekarang. lalu kita bisa mendirikan tenda di pos 5 atau pos 6. 

kita bisa melihat sunrise dipuncak gunung slamet yang sangat indah. semua cape akan terbayarkan diatas sana, karena pemandangannya yang sangat menakjubkan.



jkd




1 komentar:

misteri kota saranjana

kota saranjana Kota Saranjana di Kalimantan Selatan menjadi misterius karena keberadaannya tidak tercatat dalam peta Indonesia. Namun, nama ...